Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

16 May 2012

Hilang Kemana Impianku



Hilang Kemana Impianku

            Kecepak merupakan salah satu desa dipinggir kota Batang, sejak ditetapkan sebagai desa penerima programPenataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK)dengan mendapat dana BLM sebesar 1M (satu milyar)disitulah mulai mimpi – mimpi bermunculan. Ada impian yang melangit disitu karena masyarakat terbuai oleh dana stimulan yang fantastis yang sering didengung – dengungkan yaitu satu milyar. Dibenak masyarakat Kecepak dana 1M (satu milyar) bisa membawa perubahan untuk desanya.

Kegiatan Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLP-BK) di harapkan dapat memuat arahan rencana tindak penataan lingkungan permukiman yang komprehensif, terpadu dan berkelanjutan dengan mengedepankan prinsip-prinsip perencanaan partisipatif dan pendekatan Tridaya (yaitu keterpaduan antara pembangunan sosial, ekonomi dan lingkungan) yang merupakan aktualisasi dari prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan (sustainable development).
Untuk menggapai mimpi butuh usaha keras dan energi yang cukup besar, dan butuh ribuan orang dalam mewujudkannya. Impian itu tidak mudah digapai bila hanya segelintir orang yang berpartisipai, tetapi dibutuhkan sinergitas antara Pemerintah Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD), Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM), dan lembaga lainnya yang didampingi Tenaga Ahli Perencanaan Partisipatif (TAPP) dalam tahap perencanaan dan dilanjutkan oleh Tenaga Ahli Pemasaran dalam tahap pemasaran serta konsultan (Fasilitator).Selain usaha keras dan sinergi antar kelompok dalam menggapai suatu mimpi juga diperlukan persamaan persepsi, maksud dan tujuan.
Seiring berjalannya waktu semangat akan cita-cita (impian) mulai pudar atau melemah hal ini dikarenakan kurangnya sinergitas antar stake holder yang ada di desa Kecepak.Hasil tersebut bukan merupakan akhir, tapi adalah awal. Bukannya tidak ada kendala untuk meraih mimpi Kecepak. Masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan, masih menumpuk persoalan yang terjadi dan pastinya akan menguras energi yang sangat besar dan waktu yang panjang.

No comments:

Post a Comment