Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

20 March 2013

Pelatihan UKM untuk Warga Miskin


Pelatihan UKM untuk Warga Miskin

Kehadiran Narasumber dan Motivator
Sebagai upaya dalam mewujudkan masyarakat yang mandiri BKM Mitra Usaha Mandiri Kel. Proyonanggan Tengah Kec. Batang  Kab. Batang mempunyai usulan kegiatan sosial di BLM APBN tahun 2012 yaitu Pelatihan UKM. Dengan dana dari BLM Rp. 7.000.000,- dan swadaya Rp. 1.000.000,-. Kegiatan pelatihan UKM ini di kelola oleh KSM Mitra Mandiri dengan ketua KSM ibu Sumarwati. Jumlah peserta atau penerima manfaat pelatihan UKM ini yaitu 60 orang yang kebanyakan terdiri dari warga miskin. Antusias warga miskin yang ingin mendaftar sebagai peserta pelatihan UKM sangat tinggi sehingga melebihi dari 60 orang. Akhirnya KSM membatasi jumlah peserta pelatihan karena telah disesuaikan dengan anggaran yang telah di tentukan. Mayoritas peserta pelatihan UKM ini adalah para pedagang kecil yang ingin mendapatkan ilmu tentang cara meningkat hasil produksi mereka.
Pelatihan UKM ini dilaksanakan selama 3 hari yaitu dari tanggal 4 s/d 6 Maret 2013 yang bertempat dibalai kelurahan  Proyonanggan Tengah, mengahadirkan narasumber dari Disperindagkop oleh Bpk. Bambang Suseno, SE dan Bpk. Budi Santoso, SH serta motivator oleh Bpk. Welas Riyanto. Pada hari pertama materi yang pertama di isi oleh Bpk. Bambang Suseno, SE, menjelaskan tentang manajemen pemasaran yang meliputi lingkungan pasar global, proses produksi, aspek marketing, faktor pendukung usaha, dan memahami bisnis. Sedangkan di hari kedua  Bpk. Budi Santoso, SH menjelaskan tentang peroperasian yang meliputi bagaimana cara mendirikan koperasi dan manfaat koperasi. Di hari ketiga di isi oleh motivator yaitu Bpk. Welas Riyanto yang menjelaskan bagaimana cara berwirausaha serta memberikan motivasi pada para peserta pelatihan yang mayoritas adalah pedagang kecil atau industri rumahan. Bpk. Welas Riyanto juga mempraktekan tentang cara membuat kemasan agar menarik minat konsumen untuk membeli.
Pengarahan dalam Pengemasan
Ketua BKM Mitra Usaha Mandiri ,Bpk. Jaenal Maulidin menyampaikan, pelatihan UKM bagi warga kurang mampu itu merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat dengan tujuan agar masyarakat bisa mandiri dan mampu berusaha guna meningkatkan taraf hidupnya. "Mereka kita latih dengan tenaga pengajar yang cukup berpengalaman. Kita berharap setelah pelatihan ini selesai, peserta dapat meningkatkan hasil produksinya dan dapat meningkatkan hasil pendapatan ekonomi," kata Bpk. Jaenal Maulidin.
Agar Kegiatan ini berjalan dengan baik, maka melibatkan berbagai pihak untuk mengawasinya dari RT setempat, perangkat desa, KSM,UPS, BKM serta dari fasilitator. Diharapkan dengan adanya kegiatan pelatihan menjahit ini dapat meningkatkan produktifitas ekonomi masyarakat sehingga setidaknya dapat mengurangi angka kemiskinan sesuai dengan tujuan program PNPM MP yaitu penanggulangan kemiskinan dan mewujudkan impian masyarakat yang sejahtera.
Penulis
: Gita Saraswati SPd
No. HP
: 081548134846
Faskel
: CD/Sosial
Tim Faskel
: 02 Batang

No comments:

Post a Comment