Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

20 March 2013

Pembuatan Talud Di Kelurahan Watesalit


Pembuatan Talud

A. IDENTITAS KEGIATAN

Nama Kegiatan       : Pembuatan Talud 
Nama KSM             : KSM Mulia
Volume Rencana     : 8,6 m3
Lokasi                     : Rt. 02 Rw. V
Nama BKM             : Ikhlas
Nilai BLM               : Rp. 4.300.000,-
Swadaya                  : Rp.     860.000,-
Total                      : Rp. 5.160.000,-
Nomor Pengaduan   : 085865703870 (Bp. Ahmad Dahlan)       
               
B. LATAR BELAKANG KEGIATAN

              Kelurahan Watesalit adalah salah satu kelurahan yang mendapatkan dana PNPM Perkotaan Tahun 2012 di Kecamatan Batang. Pada tahun anggaran 2012 ini Kelurahan Watesalit mendapatkan dana sebesar Rp. 150.000.000,- yang pencairannya di bagi 2 (dua) Tahap. Untuk tahap I ini salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah pembangunan Talud di Rt. 02 Rw. V. Alasan pembangunan talud ini dikarenakan prioritan kebutuhan masyarakat setempat, supaya penahan jalan agar tidak terjadi longsor. Pembangunan talud ini dipercayakan kepada KSM Mulia yang diketuai oleh Bp. Ahmad Dahlan dengan anggota masyarakat di sekitar lokasi untuk mengelola dana tersebut mulai dari perencanaan, pelaksanaan, maupun pelaporannya. KSM adalah Kelompok Swadaya Masyarakat, yaitu kumpulan dari warga yang terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara, pengadaan logistik, pelaksana lapangan, dan anggota yang akan mengelola dari dana tersebut.

C. ALASAN DIPILIHNYA KEGIATAN 

Aktivitas masyarakat setempat sangat terganggu dengan kondisi semula (belum adanya talud). Beberapa alasan yang menegaskan tepatnya pemilihan kegiatan ini bisa diperoleh dari masyarakat setempat, antara lain:
  1. Penahan jalan agar tidak longsor
  2. Supaya memperlancar akses perekonomian
  3. Kegiatan ekonomi masyarakat kurang lancar;
  4. Kondisi lingkungan pemukiman setempat terkesan kotor;
  5. Banyaknya warga miskin yang tinggal di wilayah tersebut;

Dengan alasan tersebut d iatas, oleh warga bersama tokoh-tokoh masyarakat,  ketua wilayah ( RW  & dukuh) dan BKM,  berinisiatif untuk membuka akses untuk wilayahnya dengan membuat talud. 

D. JUMLAH DAN SUMBER DANA

Dalam pelaksanaannya kegiatan pembangunan talud ini 8,6 m3 menggunakan dana sebesar Rp. 5.160.000,-. Dari jumlah itu sebesar Rp. 4.300.000,- merupakan BLM PNPM Perkotaan Tahun 2012 Tahap I. Dengan demikian swadaya masyarakat sebanyak Rp. 860.000,-.   

E. PELAKSANAAN KEGIATAN

Pembangunan talud mulai dilaksanakan dengan diawali rembug warga setempat untuk menyepakati teknis pelaksanaan maupun kebutuhan lainnya.  
Pada pelaksanaannya disepakati bahwa pembangunan talud tersebut dilaksanakan oleh warga masyarakat di sekitar lokasi yang akan di perbaiki tanpa melibatkan pihak ke-3 atau kontraktor.  

F. HASIL YANG DICAPAI

Hasil konkret yang dicapai dari kegiatan ini adalah terbangunnya talud yang kokoh dengan volume 9,2 m3.  






No comments:

Post a Comment